Meningkatkan traffic blog sudah
menjadi tema sehari-hari para blogger dan webmaster. Tentunya ada
banyak cara untuk mendapatkan dan meningkatkan jumlah traffic. Salah
satu yg paling populer adalah dengan memperkuat ranking
dan SEO blog/web di mata search engine. Pertanyaannya, apakah traffic besar hanya bisa didapat dari search engine? Jawaban lantangnya: Tentu Tidak! (dengan accent bicara gaya Cinta Laura).
dan SEO blog/web di mata search engine. Pertanyaannya, apakah traffic besar hanya bisa didapat dari search engine? Jawaban lantangnya: Tentu Tidak! (dengan accent bicara gaya Cinta Laura).
Demikian halnya dengan marketing atau pemasaran produk secara
online. Prospek cerah muncul ketika banyak traffic masuk ke
web/blog/landing page. Pertanyaan yang sama, apakah traffic serta jumlah
transaksi penjualan tersebut hanya didapat dari search engine (baca:
Google)? Jawabannya sama juga: Tentu Tidak! (kali ini dengan gaya-nya
Sule).
Ada banyak cara untuk mendapatkan traffic. Dalam dunia blog dikenal
istilah blogwalking, traffic exchange, buy-sell traffic, dan masih
banyak lagi. Melalui cara natural, traffic juga bisa didapat apabila
pengunjung menyukai blog/web dan kemudian melakukan bookmark atau
melakukan kunjungan secara langsung tanpa media perantara, dikenal
denganenthusiast visitors. Ada cara lain lagi? Ya, jawabannya
adalah social media! Social media telah menjadi jawaban penting bagi
dunia online marketing. Ada ratusan bahkan ribuan social media yang siap
untuk menjadi senjata traffic. Yang paling popular adalah Facebook dan
Twitter. Kali ini kita akan berfokus pada strategi dan optimalisasi
Facebook sebagai media penjemput traffic blog/webdan
penjualan/marketing.
Perlengkapan/Peralatan Facebook Sebagai alat Publikasi Blog/Web
Ada banyak tools Facebook yang dapat langsung kita gunakan. Point
utama dari tool/peralatan yang akan disampaikan di bawah ini adalah yang
gratis, karena “Gratis” sampai saat ini masih harus menjadi “keyword
utama” selagi masih ada caranya. Setidaknya, ada empat tool utama untuk
melakukan publikasi dan meningkatkan popularitas serta traffic web/blog.
Facebook Page, atau yang dulunya dikenal sebagai Facebook Fan Page,
merupakan halaman Facebook khusus yang berfungsi untuk meng-cover dan
menampilkan halaman public dengan tema tertentu. Setiap orang dapat membuat facebook page apapun
kebutuhannya. Pada perkembangannya, Facebook page kemudian digunakan
sebagai alat publikasi bagi organisasi profit maupun non profit serta
bagi web/blog. Facebook page dapat menjadi pintu gerbang bagi pengenalan
produk atau konten yang kemudian mengarahkan pengunjung menuju sumber
utamanya, yaitu blog/web. Pengunjung/pengguna Facebook secara otomatis
dapat mengakses beberapa bagian halaman Facebook page dan mendapat
update informasinya setelah dia melakukan “like” page tersebut.
Likebox berperan penting untuk meningkatkan jumlah likers pada Facebook Page.Memasang Facebook like box di halaman blog/web memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk me-”like” blog anda melalui Facebook Page.
Membagi link posting blog ke Facebook merupakan cara untuk menarik
minat pengguna Facebook. Kesempatan untuk mendapatkan traffic ke blog
pun bertambah. Akan tetapi, jika dilakukan secara manual, cara ini akan
banyak menguras waktu dan fokus. Untungnya ada banyak tool yang dapat
digunakan untuk menerbitkan informasi artikel ke Facebook secara
otomatis setelah artikel/posting blog dibuat. Salah satunya adalah auto publish artikel ke Facebook dengan RSSGraffiti.
Berbeda dengan like box, tool yang satu ini dapat digunakan secara
independen tanpa harus mempunyai Facebook Page. Fungsi dari Facebook
like ini adalah untuk menunjukkan kesukaan pengunjung terhadap konten
suatu halaman blog/web. Setelah melakukan like, secara otomatis akan
muncul posting baru di wall Facebook si pengunjung yang menginformasikan
bahwa dia menyukai suatu halaman blog/web tertentu. Pasang Facebook Like Plugin di setiap halaman web/blog untuk memperlengkap usaha peningkatan tarffic Blog melalui Facebook.
1. Isi Facebook page dengan informasi singkat mengenai produk atau
web/blog anda. Jangan terlalu berbelit dan berlebihan serta jangan
tuangkan semua isi blog/webke Facebook Page. Fokuskan pada
informasi-informasi awal dan buat pengunjung akhirnya tertarik untuk
mengunjungi web/blog.
2. Manfaatkan Facebook Page hanya sebagai sarana update dan
publikasi serta wadah interaksi kecil dengan likers/pengguna Facebook.
Segala bentuk hal yang berbau transaksional sebaiknya dilakukan di
tujuan akhirnya, yaitu di web/blog atau landing page. Ini bertujuan
untuk memusatkan segala bentuk transaksi hanya di satu muara saja.
Keuntungannya, pengunjung dapat melihat hal lain di blog/web yang tidak
ditemui di Facebook Page dan membuka kesempatan untuk melihat halaman
lain, otomatis traffic dan pageview pun meningkat.
3. Memperbanyak likers/pengguna facebook yang melakukan “like” baik
pada Facebook Page, Like Box, ataupun Facebook Like merupakan cara
untuk meningkatkan traffic. Ada banyak penawaran berbayar yang dapat
menghandle kebutuhan ini, misalnya melalui Facebook Adverts, atau
layanan lainnya.. Namun, jika ingin gratisan, saya sarankan untuk
mendapatkannya secara natural. Produk/konten yang menarik minat akan
memancing pengguna Facebook untuk menyumbang “like”. Efek yang didapat
mungkin tidak langsung dari teman anda. Facebook like bersifat viral
sehingga teman-teman anda yang melakukan like akan memunculkan informasi
tentang aktivitas tersebut secara otomatis di wall mereka dan
seterusnya. Gunakan suggestion, message, chat, comment, status untuk
mempromosikan Facebook Page. Cara ini mungkin kurang elegan, namun
sah-sah saja.
4. Dalam menggunakan Auto Publish Tool, lakukan setting untuk
menentukan jarak munculnya posting di Facebook. Hendaknya jarak waktu
tidak terlalu dekat dengan publikasi artikel di blog. Beri jeda paling
tidak 30 menit setelah artikel/posting terbuat. Ini sangat berguna
apabila anda harus mengedit kembali artikel/posting blog apabila ditemui
kesalahan. Kualitas posting terjaga dan pengunjung pun suka.
5. Set auto publish ke berbagai jenis halaman Facebook, baik ke
Wall Facebook anda, Facebook Page, dan Group. Ini untuk mengoptimalkan
visibilitas posting blog oleh berbagai pengguna Facebook.
6. Optimalkan dan terus lakukan upaya publikasi blog/web anda
melalui Facebook Tools tersebut. Jangan segan untuk melakukan checking
secara berkala dan melihat perkembangan traffic dan impression pada
Facebook Page maupun tool yang lain.
Good Luck!
No comments:
Post a Comment