Monday, April 16, 2012

Membuat WordPress versi mobile dengan plugin Mobile Pack

membuat wordpress versi mobile Bagaimana membuat blog wordpress Anda menjadi versi mobile?ada berbagai cara untuk menyajikan blog wordpress kedalam versi mobile misalnya dengan mendaftar layanan gratis dari http://mobfox.com/.

Kali ini saya akan membahas penggunaan plugin WordPress Mobile Pack untuk menambahkan versi mobile di blog wordpress.Ok,..kilta langsung saja mulai langkah-langkah membuat wordpress versi mobile dengan WordPress Mobile Pack:
1. Dari halaman Administrasi wordpress klik Plugins>>Add New,pada kotak pencarian plugins masukkan “WordPress Mobile Pack”,klik Search Plugins.
2. Sederetan Plugin akan muncul,klik “Install Now“pada plugins “WordPress Mobile Pack“setelah selesai instalasi lalu aktifkan.
3. Akan muncul 4 menu baru di halaman administrasi wordpress Anda:Mobile Theme,Mobile Widgets,Mobile Switcher dan Analytics.Saya akan coba cara melakukan setting satu-satu:
Mobile theme-Check semua kecuali Clear cache now dan Remove Media,saya tidak menjelaskan terlalu banyak,pastinya sobat-sobat bisa menduga kegunaan masing-masing.
Mobile Widgets-Disini Sobat bisa pilih sendiri bagian mana saja yang perlu di tampilkan di widget area dengan check bagian yang diperlukan,misalnya kotak pencarian,katagori dll.
Mobile Switcher:
  • Sitcher mode:
    • Browser Detection-wordpress akan mendeteksi browser yang dipakai pengunjung dan otomatis meredirect ke versi mobile jika blog kita di buka melalui handphone.Dengan memilih ini kita tidak perlu membuat subdomain baru dan menginstal wordpress baru untuk versi mobile.Saya sendiri memilih Sitcher mode:Browser Detection karena ini yang paling mudah.
    • Domain mapping:Jika sobat memilih ini maka silahkan lakukan instalasi wordpress di subdomain  (misalnya m.ini-apa.com) dan menghubungkannya ke database blog lama dengan mengedit file wp-config.php setelah itu merubahnya kedalam versi mobile misalnya dengan memasang memasang plugin WPtouch iPhone Theme.Kita juga harus mengarahkan user-agents ke versi mobile dengan mengedit .htaccess.
    • BOTH: browser detection and domain mapping:Anda mempunya dua pilihan untuk meredirect pengunjung ke subdomain m atau domain utama.
  • Mobile theme:Silahkan pillih warna kesukaan Sobat.
  • Untuk Desktop Domain dan Footer link a simpulkan sendiri fungsinya.
Salam mobile,…

No comments:

Post a Comment